Seberapa Aman Makanan Menggunakan Bahan Pengawet


Ada banyak asumsi yang mengatakan jika bahan pengawet pada makanan beresiko buat kesehatan serta dapat memunculkan penyakit. Kenyataannya, memang benar ada bahan pengawet makanan yang beresiko, tetapi ada pula beberapa bahan pengawet makanan yang termasuk aman. 

Bahan pengawet makanan dipakai untuk menghalangi atau menahan penguraian, pengasaman, kehancuran, serta proses fermentasi pada makanan, yang dikarenakan oleh bakteri, jamur, serta mikroba. 

Pada intinya, bahan pengawet bisa saja dipakai sepanjang bahan itu telah tercatat serta diperbolehkan pemakaiannya dengan ukuran yang pas oleh Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM). 

Beberapa bahan pengawet makanan yang aman serta seringkali dipakai ialah sulfur dioxide, asam sorbat, asam benzoat, asam sitrat, asam tartarat, serta asam malat 

Meskipun beberapa salah satunya aman, Anda pun butuh tahu bahan pengawet makanan yang beresiko. Bila dikonsumsi dalam periode panjang, beberapa bahan ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Berikut contoh-contoh pengawet makanan serta bahayanya buat badan: 

1. Formalin serta boraks 

Ke-2 bahan pengawet ini bisa mengakibatkan masalah pada kulit, jantung, skema pernafasan, serta ginjal. Formalin serta boraks serta dapat mengakibatkan kerusakan otak serta skema saraf. 

2. Sodium benzoate 

Ada sangkaan jika bahan ini dipakai jadi pengawet makanan, efek berlangsungnya tingkah laku yang hiperaktif, leukemia, dan kanker type yang lain bisa bertambah. 

3. Sodium nitrate 

Pemakaian bahan pengawet ini pada makanan disangka bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah serta membuat arteri jadi kaku serta menyempit. 

4. TBHQ atau tertiary butylhydroquinone 

Bahan pengawet ini bisa tingkatkan efek tumbuhnya tumor, mengganggu peranan organ hati, serta mengakibatkan kerusakan saraf.

Posting Komentar

0 Komentar