Inilah Beberapa Prosedur yang Dijalankan Saat Proses Medical Check Up

Inilah-Beberapa-Prosedur-yang-Dijalankan-Saat-Proses-Medical-Check-Up

Setiap orang tentu ingin memiliki kondisi tubuh yang sehat dan terbebas dari beragam penyakit, bukan? Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat sehari–hari. Meski demikian, hal ini ternyata tidak cukup dilakukan jika tidak diimbangi dengan melakukan pemeriksaan medical check up lengkap secara rutin. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan dapat mencegah terjadinya hal–hal yang mungkin saja menjadi sarang penyakit di dalam tubuh.

Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda mengenai apa saja prosedur yang akan dijalankan saat proses medical check up dilakukan? Jika Anda penasaran, simak informasi lebih jelasnya di artikel berikut.

Tahap wawancara riwayat kesehatan

Prosedur pertama yang akan dilakukan ketika proses medical check up dilakukan yakni dengan wawancara riwayat kesehatan. Disini, pihak dokter akan menanyakan beberapa kondisi umum, penyakit dan operasi yang pernah dijalani dan obat–obatan yang pernah dikonsumsi oleh pasien. Setelah itu, dokter akan melanjutkan pertanyaan dengan menanyakan seputar gaya hidup yang dilakukan pasien. Seperti halnya kebiasaan merokok, pola makan, dan juga aktivitas olahraga yang dilakukan sehari–hari. Bahkan, dokter juga akan bertanya mengenai riwayat penyakit tertentu dari keluarga seputar diabetes mellitus, serangan jantung, dan kanker.

Pemeriksaan fisik secara menyeluruh

Untuk pemeriksaan secara fisik ini biasanya dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh. Dalam hal ini, pemeriksaan yang dilakukan biasanya adalah pengukuran tekanan darah, detak jantung, denyut nadi, pemeriksaan pernapasan, leher, kelenjar getah bening, abdomen, reflex saraf, dan kulit. Melalui pemeriksaan fisik secara menyeluruh ini, maka dokter dapat mengetahui mengenai tanda-tanda penyakit yang bisa saja menyerang pasien tersebut.

Tahapan pemeriksaan pendukung

Tidak hanya melakukan pemeriksaan secara fisik saja, dalam proses pemeriksaan medical check up juga dilakukan pemeriksaan pendukung. Dalam hal ini, dokter nantinya akan merujuk pada pasien agar melakukan tes darah dan tes urine di laboratorium. Tujuan dari pemeriksaan darah dan urine ini sendiri berguna untuk mendeteksi adanya kemungkinan gangguan metabolik di antaranya seperti penyakit diabetes mellitus atau bahkan penyakit ginjal. Untuk pemeriksaan ini biasanya dilakukan dengan treadmill untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatan jantung.

Prosedur wawancara akhir

Pada tahapan terakhir ini, dokter juga akan melakukan wawancara akhir kepada pasien dengan syarat semua tes sudah dijalani secara bertahap dengan baik. Untuk tahapan dalam pemeriksaan ini, dokter biasanya akan memberikan saran kesehatan kepada pasien terkait hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan. Sehingga, hal inilah yang akan membuat pasien merasa terbantu untuk mulai mengatur pola hidup sehat dalam menunjang kesehatan tubuh sehari–hari.

Itulah tadi beberapa prosedur penting yang biasanya dijalankan saat proses pemeriksaan medical check up dilakukan. Jika Anda berniat untuk melakukan medical check up lengkap bisa melakukannya di rumah sakit seperti di RS Pondok Indah Jakarta yang memiliki fasilitas pendukung terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar