Lupis Mbah Satinem, Street Food Jogja yang Legendaris

Lupis-Mbah-Satinem-Street-Food-Jogja-yang-Legendaris
Instagram.com/widjonoahmad

Mungkin sejauh ini Anda pernah mendengar tentang lupis, tapi bagaimana soal lupis Mbah Satinem? Pasti yang terbesit di benak Anda adalah kota Yogyakarta. Lupis legendaris ini telah menghiasi jejak langkah ribuan manusia dalam menemukan jati dirinya di Yogya. Tak hanya nikmat tetapi rasa pulen yang didapatkan dari lupis ini merasuk ke dalam roh kita semua.

Di Mana Lagi Ada Mbah Satinem?

Sayang seribu sayang lupis ini hanya bisa kita nikmati jika kita di Yogya. Namun, itu semua untuk menjaga dan merawat keasliannya supaya tetap menjadi milik semua orang dengan tetap menjaganya hanya di Yogya saja. Mungkin kita penasaran apa saja sih elemen dari Lupis ini? Apakah daging? Ataukah hanya lupis biasa? Mari kita intip.

1. Lupis

Jangan dikira lupis itu sebuah kesatuan, pada dasarnya lupis merupakan entitas tersendiri sebagai main Course ataupun Star dari hidangan lupis. Terbuat dari beras ketan, lupis yang diolah oleh si Mbah ini begitu lembut dan legit di lidah. Sepertinya kita tidak bisa membayangkan seperti apa lembut serta lezatnya lupis ini.

2. Cenil

Kalau cenil itu berbeda, cenil memang hanya sebagai Cameo di hidangan ini, tapi jangan salah popularitas cenil bisa menyayangi lupis. Biasanya banyak juga para tamu yang menginginkan untuk makan cenil saja. Terbuat dari tepung tapioka jenis ini punya tekstur yang kenyal dan bisa dibilang lembek tapi masih konsisten. Yah memang rumit lebih enak dicicipi saja.

3. Tiwul

Elemen tiwul sangat susah ditemukan pada lupis tempat lain. Mengapa ? Ya karena tiwul biasanya hanya bisa ditemukan di Jawa khususnya Yogya. Memang unik tiwul terbuat dari beras ketan namun berbeda bentuk dengan lupis. Teksturnya lembut rasanya manis dan lebih terasa seperti melengkapi hidangan lupis.

4. Bubuk Kacang

Yah, kalau Anda kaget wajar saja karena memang tidak semua lupis menggunakan bubuk kacang. Lupis yang satu ini memang berbeda dari lupis biasanya, bubuk kacang memberikan rasa gurih yang tidak merusak rasa manisnya. Begitu Anda memakan lupis ini sensasi yang Anda rasakan pasti akan sulit dijelaskan karena memang lupis legendaris punya ciri khas.

Netflix telah memperkenalkan bagaimana kayanya Indonesia, salah satunya dengan memperkenalkan lupis legendaris ini pada dunia internasional. Serial Netflix My Eat, memperkenalkan salah satu mahakarya Indonesia yang lahir dari Yogya yakni dari tangan seorang nenek yaitu Lupis Mbah Satinem Yogyakarta.

Posting Komentar

0 Komentar