Inilah Manfaat Terapi Mewarnai untuk Stress yang Patut Dicoba


Salah satu cara agar terhindar dari stress adalah mencoba menjauhkan diri dari hal-hal yang memberatkan pikiran. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas mewarnai. Mewarnai diyakini dapat menghilangkan stress. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai terapi mewarnai untuk stress yang bisa Anda coba.

1. Bagian dari Terapi Seni

Sekilas kegiatan mewarnai tidak ada artinya. Namun, kegiatan ringan ini bisa mengembalikan atau memperbaiki kesehatan mental, emosi dan fisik. Sekalipun kegiatan ini terlihat mudah, nyatanya tidak begitu sama yang dikira. Kreativitas yang diperoleh dari mengoptimalkan otak kanan dibutuhkan pada kegiatan ini. 
 
Anda akan belajar mengekspresikan diri, meredakan stres, pengendalian perilaku dan peningkatan kemampuan interpersonal pada satu waktu yang bersamaan. Pada waktu pelaksanaannya, pemilihan warna juga dapat membantu Anda dalam mengekspresikan perasaan yang Anda alami saat itu. Oleh karena itu, terapi ini dilakukan dengan memadukan seni visual dan kegiatan kreatif yang disertai dengan konseling dan psikoterapi.

2. Relaksasi Otak

Kegiatan mewarnai dapat membantu otak lebih merasakan ketenangan dan terasa rileks. Ketika otak Anda terasa menegang dan mood Anda mulai terganggu, itu berarti Anda harus mengistirahatkan otak Anda terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas kembali. Cobalah beberapa hal sederhana dan hal yang terasa menyenangkan untuk dilakukan secara konsisten seperti mewarnai.

3. Mengalihkan Fokus dan Pikiran

Mewarnai bisa membantu Anda untuk mengalihkan fokus dan pikiran yang berat dari otak. Oleh karena itu, Anda bisa melupakan masalah yang mengganggu pikiran melalui buku mewarnai. Buku mewarnai untuk dewasa dipercaya menjadi salah satu media bentuk pengalih perhatian terhadap perasaan negatif yang sedang Anda rasakan.
 
Misalnya saja perasaan sedih yang menyelimuti Anda karena ditinggal orang terkasih. Anda bisa melakukannya melalui hal positif seperti melalui kegiatan mewarnai. Hal ini lebih baik dibandingkan jika Anda meluapkan perasaan sedih tersebut dan bisa berlarut-larut. Ketika seseorang mulai mewarnai, perlahan pikiran akan mulai fokus pada apa yang dikerjakan dan melupakan hal negatif.

4. Sarana Hiburan

Saat Anda melakukan kegiatan mewarnai gambar yang sederhana dan tidak rumit, Anda akan merasakan hal yang begitu menyenangkan. Suasana hati baik yang telah dikeluarkan dari kegiatan ini tentu akan membuat pikiran menjadi rileks dan stres pun berkurang. Hal ini disebabkan adanya kepuasan terhadap hasil gambar yang indah dan bisa membawa ketenangan setelah melakukannya.
 
Itulah sejumlah manfaat dari terapi mewarnai untuk stress yang bisa Anda coba. Sekalipun buku mewarnai untuk orang dewasa memiliki beberapa manfaat, tidak semua orang bisa merasakan hasil dari kebermanfaatan tersebut. Tentu hal ini akan bergantung pada kepribadian dan pengalaman setiap orang terhadap kegiatan mewarnai ini.

Posting Komentar

0 Komentar