Cara Mudah Membedakan Parfum Asli dan Palsu

Cara-Mudah-Membedakan-Parfum-Asli-dan-Palsu

Dewasa ini Parfum sudah menjadi kebutuhan, baik bagi kaum hawa maupun adam. Oleh karenanya, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam untuk membeli barang satu ini. Namun, bagaimana jika sudah mengeluarkan banyak uang namun mendapatkan barang palsu? Nah, guna menghindari hal tersebut, berikut cara membedakan parfum asli dan palsu. 

Berdasarkan Fisik 

Hal pertama yang bisa menjadi acuan dalam membedakan parfum yang Anda beli asli atau palsu adalah tampilan fisik atau kemasannya. Memperhatikan kemasan parfum ketika membeli dapat menghindarkan Anda mendapatkan barang palsu. Adapun hal yang harus Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut. 

1. Segel 

Perbedaan fisik yang jelas terlihat antara parfum palsu dan asli adalah segelnya. Parfum yang asli selalu dibungkus dengan segel yang rapi, tidak ada kerutan atau goresan dan melekat sempurna pada kotak parfum. Sedangkan, pada parfum yang palsu umumnya segel atau plastik pembungkusnya cenderung berantakan, dan terkadang ada saja cacatnya. 

2. Nomor Seri 

Parfum yang asli—apalagi dari merek ternama—umumnya disertai dengan nomor seri pada botol dan kemasan. Periksalah nomor seri yang berada dalam kemasan maupun botol dan pastikan sama. jika berbeda dapat dipastikan parfum tersebut abal-abal alias palsu. 

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengecek batch produksi, dengan cara membandingkannya dengan nomor batch yang tertera pada situs resmi. Jika nomor tersebut tidak terdaftar, kemungkinan besar parfum yang Anda beli palsu. 

3. Botol 

Quality control yang dilakukan oleh perusahaan parfum sangatlah ketat. Mereka tidak akan mentolerir kecacatan sekecil apapun. Namun tidak demikian dengan produsen barang palsu. Jadi, jika Anda menemukan retak atau cacat sedikitpun pada botol parfum, ada kemungkinan barang yang Anda beli palsu. 

Berdasarkan Kualitas 

Membedakan berdasarkan fisik memang tidak sepenuhnya menentukan barang yang dibeli asli atau palsu. Pasalnya, ada beberapa produsen barang palsu yang mampu menirukan secara detail barang asli. Namun, perihal kualitas tentu akan jelas berbeda. Oleh sebab itu, ketika membeli parfum perhatikan beberapa hal berikut ini. 

1. Cairan Parfum 

Pertama, parfum yang asli mengandung bahan berkualitas sehingga warnanya pucat atau cenderung jernih. Berbeda dengan barang palsu dengan kualitas bahan baku yang buruk, warnanya akan cenderung gelap atau sedikit keruh. Guna memastikan lebih jauh, Anda bisa bandingkan isi parfum yang Anda beli dengan yang ada pada situs resmi. 

Kedua, parfum yang terbuat dari bahan berkualitas tidak akan menyebabkan masalah pada kulit, baik itu sekedar rasa panas maupun alergi yang menyebabkan ruam pada kulit. Parfum palsu umumnya memiliki ciri panas saat terkena kulit, berminyak dan cepat kering. 

2. Aroma 

Aroma yang dihasilkan parfum yang asli sangat konsisten, jadi ketika Anda pernah membeli parfum yang asli kemudian membeli untuk kedua kalinya, tentu tidak akan ada perubahan aroma. Sayangnya, hal ini tidak bisa dilakukan ketika Anda baru pertama kali membeli. 

Namun tak perlu khawatir, masih ada cara lain, yaitu melihat lamanya aroma parfum bertahan. Ketahanan aroma parfum yang asli pasti akan sesuai dengan jenis parfumnya. Misal, eau de toilette memiliki aroma yang bertahan selama 4 jam. Jika aroma tersebut hilang dalam waktu satu jam atau kurang, kemungkinan parfum tersebut palsu. 

Demikian beberapa cara mudah membedakan parfum asli dan palsu. Selain melakukan hal di atas, Anda juga bisa meminimalisir mendapatkan barang palsu dengan membeli langsung di gerai resminya. Namun, hal tersebut tidak mesti dilakukan dengan mendatangi gerai langsung. Parfum pria original murah juga bisa Anda beli secara online melalui JD.id, dijamin ori.

Posting Komentar

0 Komentar