8 Cara Menghilangkan Sedih


Pada intinya rasa susah adalah respon emosional pada suatu hal yang tidak berjalan seharusnya. Rasa susah dapat ada waktu satu orang kehilangan, sedih, tidak berkapasitas, atau sedang putus harapan. Walau berasa tidak menyenangkan, rasa sedih masih mempunyai faedah positif. Rasa sedih bisa membuat Anda jadi lebih menghormati suatu hal serta lebih perduli pada orang lain yang sedang bersedih 

Anda butuh tahu langkah menangani susah supaya rasa sedih yang dirasakan tidak berlarut-larut. Berikut cara-cara yang dapat Anda kerjakan: 

1. Mengerti rasa sedih yang dirasa 

Mengerti emosi rasa sedih yang dirasa, bisa menolong Anda menantang rasa sedih tersebut. Tetapi, jangan kelamaan memikirkannya. Cepatlah bangun dari kekesalan atau ketidakberhasilan yang membuat Anda susah. Pikirkan beberapa langkah ke depan yang bisa membuat hidup jadi lebih bahagia serta menyenangkan. 

2. Mengmelawan rasa 

Jangan menghindarkan rasa susah. Hadapi rasa susah dengan menyendiri sepanjang hari, peluang bisa membuat perasaan jadi lebih baik. Anda bisa menyendiri sekalian dengarkan musik melankolis yang Anda gemari. Selanjutnya coba untuk mengerti serta terima insiden yang membuat Anda susah dengan arif. Ingat-ingatlah, rasa sedih yang sedang Anda alami akan berlalu serta pikirkan jika ada hikmah dibalik tiap rasa sedih. 

3. Menangislah 

Beberapa orang mungkin pilih untuk sembunyikan kesedihannya. Tetapi, sebaiknya untuk meluapkan rasa sedih itu agar selekasnya hilang. Bila Anda ingin menangis, karena itu menangislah. Menangis bisa membuat perasaan jadi lebih baik serta lebih lega. 

4. Tertawalah 

Waktu merasakan susah, lakukan suatu hal yang dapat membuat Anda kembali ketawa. Hal simpel untuk bikin tawa kembali hiasi muka Anda ialah melihat film-film humor atau video lucu di sosial media. Ketawa bisa menyingkirkan rasa susah sekaligus juga menahan depresi. Diluar itu, ketawa mempunyai macam faedah untuk kesehatan. 

5. Katakan keluhan Anda 

Jangan dibiarkan diri Anda terus terjebak dalam rasa sedih. Coba untuk share narasi dengan orang yang Anda yakin, seperti orangtua, rekan, atau pasangan. Beberapa orang yang perduli dengan Anda, bukan sekedar akan dengarkan atau coba mengerti apa yang dirasa, dan juga akan menghibur serta mengubah pemikiran Anda dari rasa sedih yang Anda alami. 

6. Kerjakan beberapa hal yang Anda sukai 

Jangan cuma konsentrasi dengan rasa susah yang dirasakan, tetapi coba lakukan beberapa hal yang Anda sukai supaya situasi hati jadi lebih baik. Jika senang melancong, Anda bisa coba bertamasya ke tempat yang ingin Anda datangi, jadi “obat” untuk hilangkan rasa sedih. 

7. Katakan dengan tulisan 

Menulis dapat jadi therapy dalam mengobati rasa susah. Anda bisa menumpahkan rasa sedih atau kekesalan pada suatu tulisan supaya perasaan bisa jadi lebih baik. 

8. Bikinlah “jurnal” kebaikan 

Dibanding konsentrasi pada rasa sedih, lebih baik mengucapkan syukur atas apa yang Anda punya. Bikinlah satu jurnal atau catatan tentang beberapa hal positif yang Anda terima serta syukuri tiap hari. Ini bermanfaat untuk mengubah perasaan negatif jadi perasaan yang positif.

Posting Komentar

0 Komentar