Sebelum Liburan ke Jeju Persiapkan 6 Hal Ini Bagi Anda Mulim Traveler


Berlibur jadi peristiwa yang paling dinanti oleh kebanyakan orang, tetapi nyatanya berlibur dapat jadi tidak nyaman jika tanpa ada persiapan masak ditambah lagi berlibur ke tempat yang jauh. Misalnya, berlibur ke luar negeri. 

Buat beberapa traveler yang masih jarang-jarang melancong ke luar negeri tentu saja tidak hanya harus menyiapkan ticket dan juga jadwal perjalanan serta pelajari kebudayaan di negara yang dituju. Ditambah lagi buat traveler muslim, harus betul-betul menyiapkan ide halal travel waktu berlibur ke luar negeri. 

Satu diantara tujuan wisata yang sedang digemari anak muda saat ini ialah Pulau Jeju, Korea Selatan. Beberapa waktu paling akhir, Pulau Jeju banyak didatangi oleh pelancong muslim asal Malaysia, Singapura, Pakistan, serta Indonesia. 

Nah, untuk kamu muslim traveler, agar perjalananmu masih nyaman di Jeju, sebelum pergi yakinkan telah menyiapkan 6 ini ya. 

1. Buat persiapan kesehatanmu sebab keliling Jeju cukup kuras daya 

Dengan luas ruang 1,8 km. persegi, Pulau Jeju mempunyai keindahan alam di tiap sudutnya. Diluar itu, jadi pulau yang terpisah dari daratan negara Korea Selatan, Jeju mempunyai ciri yang sangat ciri khas dan cerita riwayat yang menarik. Oleh karena itu, ada beberapa ratus obyek wisata yang dibuat disana hingga kamu punyai beberapa pilihan tempat untuk didatangi. 

Sebelum pergi, yakinkan badanmu fit sebab obyek wisata di Pulau Jeju cukup atraktif. Tujuannya, perjalanannya cukup melawan. Misalnya, di Seongsan Ilchulbong kamu butuh mendaki banyak anak tangga untuk dapat nikmati panorama indah dari puncaknya. 

Atau di Cheonjiyeon waterfall yang walau tangga untuk turun ke bawah tidak jauh tetapi tetap dapat membuat kamu kecapekan jika obyek wisata yang kamu menuju ialah wisata alam. Belum juga jika kamu ingin menelusuri museum-museum di Jeju, tentunya butuh waktu yang lumayan lama agar bisa menyelesaikan keliling satu museum. 

Apalagi, tentunya tidak hebat dong jika berlibur dalam kondisi tidak enak tubuh? So, menjaga kesehatanmu tetap ya! 

2. Lihat waktu melakukan shalat serta tempatnya 

Asik berlibur, jangan pernah lupa jalankan keharusan ya. Tentu saja sebelum pergi berlibur jangan hanya konsentrasi membuat itinerary perjalanan dan juga yakinkan waktu shalat di Jeju. Walau jadi hal fundamental, tetapi banyak traveler yang lupa cari waktu salat. 

Tidak sulit kok untuk menemukannya, kamu tinggal mencari saja info waktu salat di Jeju lewat internet. Sesudah temukan waktu shalat, cari beberapa tempat wisata di Jeju yang menyiapkan mushala. Sejak makin banyak pelancong dari Malaysia serta Indonesia, pemerintah ditempat ikut mengatur tempat wisatanya dengan menyiapkan tempat beribadah atau prayer room. 

Beberapa tempat di Jeju yang menyediakannya salah satunya Jeju Islamic Center di Kota Jeju, Play KPop serta WE Hotel di Seogwipo, dan Ilchul Land di Seogwipo sisi timur. Nah, saat cari tempat salat itu, kamu dapat bertanya ke petugas seputar dengan menyebutkan "gido-sil" yang ini berarti tempat beribadah. 

3. Dalami beberapa kata kunci untuk halal travelmu 

Wah, untuk berlibur ke tempat baru butuh persiapan yang benar-benar masak memang, ditambah lagi jika bahasanya benar-benar berlainan. Karena itu, kamu harus juga pelajari bahasa ditempat, dalam soal ini ialah bahasa Korea. 

Paling tidak kamu dapat membaca huruf hangul supaya tidak tersesat serta kamu masih dapat lakukan halal travel dengan tenang. Satu diantara yang penting ialah pastikan tempat makan yang halal. 

Karena itu, tahu keyword makanan yang tidak memiliki kandungan babi atau alkohol. Bahasa Korea untuk babi ialah "dwaeji" (돼지). Nah, Jeju sendiri benar-benar populer dengan makanan uniknya yang bernama black pork. Dalam bahasa Korea disebutkan dengan "heukdwaeji" (흑돼지). 

Selain itu, kata lain yang tunjukkan kandungan babi pada makanan ialah "don" (돈). Misalnya ialah "donkatsu" (돈까스). Untuk menanyakan apa makanan di restoran itu memiliki kandungan babi, kamu dapat menatakan: "i sikdame dwaeji gogi-ga deurogaji anheun eumsigiyeyo?" (이 식당에 돼지고기가 들어가지 않는 음식이 있어요?). 

4. Analisa dahulu beberapa tempat makan halal di Jeju 

Sebab banyak pelancong muslim asal Malaysia, Pakistan, serta Indonesia karena itu sebetulnya tidak susah cari tempat makan yang menyiapkan menu halal di Jeju. Tetapi, kamu harus tetap lakukan analisa dengan dalam, ditambah lagi jika kamu ingin tahu dengan tempat makan tidak hanya yang direferensikan yang ingin kamu coba. 

Beruntungnya, Pulau Jeju populer dengan makanan seafood-nya hingga kamu dapat membuatnya tujuan kuliner disana. Tetapi, harus tetap berhati-hati ya. Lihat benar apa tempat makan yang akan kamu menuju itu betul-betul cuma menyiapkan menu seafood atau punyai menu lain yang memiliki kandungan babi. 

Atau kamu juga bisa, lho makan dalam tempat makan spesial menu vegan. Diantaranya ialah Loving Hut yang ada di lokasi Seogwipo. 

5. Analisa dengan dalam tujuan yang akan kamu menuju 

Jika lihat di peta, tujuan wisata di Pulau Jeju nampaknya sama-sama bersisihan tetapi sebetulnya tidak lho. Karena itu, kamu betul-betul harus analisa sejauh apa tujuan tujuanmu dengan arah seterusnya. Jangan pernah kamu hanya akan habiskan waktu di jalan serta malah melepaskan beberapa tempat wisata menarik yang lain yang lebih dekat. 

Dengan tahu jarak di antara satu tujuan dengan yang lain kamu juga dapat memprediksi harus habiskan waktu berapakah lama dalam tempat itu. Diluar itu, tahu ada juga hal menarik apa dari tempat yang masuk dalam daftar tujuanmu. 

Tentu saja kamu tidak ingin sedih, kan saat telah tiba arah? Rajin-rajinlah membaca catatan perjalanan traveler yang pernah ke tempat itu untuk memudahkanmu membuat rencana perjalanan. 

6. Tetapkan kamu akan memakai moda transportasi apa sepanjang di Jeju 

Di Jeju, ada empat type moda transportasi yang dapat kamu pakai diantaranya bis, taksi, mobil pribadi, atau sepeda. Jika semakin banyak memakai bis, karena itu kamu harus analisa jalur-jalur busnya, bagaimanakah cara pergi serta pulang, dan bagaimanakah cara membayar ongkosnya. 

Semua ruang di Korea Selatan untuk naik bis atau subway telah memakai uang elektronik bernama T-Money untuk transaksi ongkosnya. Nah, karena itu sesampainya di Jeju kamu harus beli kartu pembayaran itu. Gampang kok memperolehnya, kamu dapat beli di convenience store seperti 7-Eleven, GS25, atau C-U. 

Harga per kartunya seputar 2.500 won, tetapi belumlah ada isi uangnya hingga kamu harus membayar untuk recharge kartu itu. Kartu ini dapat juga dipakai untuk membayar biaya taksi. Jika menyewa mobil, yakinkan kamu punyai SIM Internasional. Harga tentunya cukup mahal dibanding naik moda transportasi umum. 

Sedang untuk menyewa sepeda kamu tidak butuh bingung cari tempat penyewaannya sebab di Jeju terdapat beberapa tempat yang menyediakannya. Untuk sewa sepedea per harinya dari mulai harga 7.000 won. 

Nah, jika telah di-checklist semua daftar persiapan itu kamu tinggal packing deh! Oh, iya yakinkan uang sakumu cukup ya, sepanjang berlibur disana. Mudah-mudahan perjalananmu di Jeju menyenangkan!

Posting Komentar

0 Komentar