Berat Badan Ideal yang Sehat Itu Begini


Berat tubuh baik yang sehat ialah saat berat tubuh telah sesuai IMT normal serta massa lemak badan tidak tinggi. 

Ada cara-cara yang bisa dikerjakan untuk mengalkulasi lemak badan, diantaranya dengan kontrol ketebalan jaringan lemak di lengan atau perut (kontrol antropometri) serta penimbangan berat tubuh dengan timbangan spesial (bodi fat scales). Kontrol ini dapat dikerjakan oleh dokter gizi. 

Persyaratan prosentase lemak badan yang baik berlainan pada setiap orang, bergantung umur serta type kelaminnya. Pada wanita, prosentase lemak badan yang baik sekitar di antara 25-30%. Sedang pada pria, sekitar di antara 18-25%. 

Nah, untuk sampai berat tubuh baik serta jaga formasi lemak badan supaya tidak terlalu berlebih, Anda butuh mengaplikasikan gaya hidup sehat dengan: 
  • Olahraga dengan teratur. 
  • Konsumsi makanan sehat serta bergizi imbang. 
  • Perbanyak konsumsi serat, protein, serta karbohidrat kompleks dari sayur, buah, serta kacang-kacangan. 
  • Batasi mengonsumsi makanan yang banyak terkandung lemak trans, lemak jemu, serta cholesterol, seperti makanan cepat saji serta dalaman. 
  • Kurangi minuman dan makanan manis, seperti es cream, kue, serta soft drink. 
  • Mengatur depresi. 

Saat ini Anda telah memahami mengenai berat tubuh yang sehat serta langkah untuk meraihnya, kan? Yuk, mulai aplikasikan dari saat ini! 

Satu hal , janganlah lupa kontrol keadaan kesehatan Anda dengan teratur ke dokter. Jika memang perlu, berkonsultasilah dengan dokter gizi untuk pastikan jika berat tubuh Anda telah baik serta jaringan lemak badan Anda tidak berlebihan. Diluar itu, dokter spesialis gizi dapat merekomendasikan skema makan yang sesuai dengan untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar