Sangat Tenang, 5 Destinasi Ini Cocok Bagi Anda yang Ingin Lepas Sejenak dari Medsos


Media sosial telah merangsak masuk ke sendi sendi kehidupan hampir seluruh masyarakat Indonesia saat ini. Tidak jarang serbuan informasi ini membuat diri terasa lelah. Tidak jarang pula kemajuan media sosial diiringi dengan peningkatan angka depresi. Bahkan, Instagram sendiri telah dinilai sebagai salah satu penyebab utama rasa depresi di kalangan milenial dan generasi Z.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk sesekali melakukan detoks atau pemutusan terhadap akses media sosial. Selain baik untuk menanggulangi rasa ketergantungan, detoks sosial media ini juga baik untuk kesehatan mental. 

Untuk membantu proses detoksifikasi tersebut, Anda dapat traveling ke tempat-tempat yang bukan hanya indah, tetapi juga tidak memiliki masyarakat yang lebih ramah dari kota-kota metropolitan. Berikut ini kota-kota terbaik bagi Anda yang ingin menjernihkan kembali pikiran dan membersihkan ‘racun’ media sosial.

1. Sumba 


Sumba dipilih menjadi lokasi syuting dari film Susah Sinyal karya Ernest Prakasa bukan tanpa sebab. Selain memiliki panorama kelas dunia, Sumba memang benar-benar susah sinyal. Jadi, Anda dapat lebih menikmati waktu bersantai Anda tanpa adanya serangan notifikasi email dan media sosial.

2. Ambon 


Apabila yang pertama kali terlintas di pikiran Anda soal Ambon adalah stereotip negatif, maka Anda salah besar. Ambon memiliki sejuta keindahan yang membuat waktu traveling Anda akan terasa lebih bermakna. Anda dapat menemukan berbagai perkebunan rempah yang membuat Ambon begitu terkenal di mata dunia, keindahan pegunungan hijau yang bertatap muka dengan laut jernih kebiruan.

Masyarakatnya yang ramah juga membuat Ambon semakin diburu oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana santai di alam yang indah. Terlebih lagi sejak adanya penerbangan direct menggunakan Batik Air yang membuat Ambon lebih mudah diakses daripada sebelum-sebelumnya.

3. Gorontalo 


Tahukah Anda kalau di Gorontali terdapat Maldives mini? Maldives mini yang terletak di Gorontalo itu bernama Pulo Cinta. Pulo Cinta adalah resort yang terletak di atas perairan dangkal yang jernih dan berpasir putih. Ini membuat waktu tinggal di Pulo Cinta terasa begitu istimewa. Keindahan biota lautnya pun membuat snorkeling dan diving di Pulo Cinta lebih menyenangkan daripada terpaku dengan sosial media. 

4. Magelang 


Magelang memiliki suasana yang berbeda dengan Yogyakarta, sebab Magelang yang berada di ketinggian membuat cuaca lebih terasa sejuk. Di Magelang Anda masih bisa menemukan berbagai keindahan alam yang masih hijau nan asri. 

Jadi, bagi Anda yang berjiwa petualang sangat disarankan untuk tinggal selama beberapa waktu di Magelang. Anda bisa mendaki Gunung Andong, menikmati suasana tenang persawahan hijau, mengagumi sunrise di Candi Borobudur, ataupun menyelami Sendang Maren yang sangat jernih.

5. Sabang 


Sabang merupakan salah satu keindahan Indonesia yang masih jarang dieskplor oleh para traveler. Meskipun demikian, cukup banyak juga traveler dunia yang tertarik untuk mengunjungi Sabang. Sabang sendiri memiliki banyak destinasi wisata menarik. Anda bisa eksplor keindahan laut dan pantai Sabang yang jernih, bergaul kehidupan masyarakat Sabang yang tenang, maupun menikmati kuliner melayu yang kaya rempah. Jadi, untuk benar-benar mengupas tuntas Sabang diperlukan waktu setidaknya 3-4 hari.

Posting Komentar

0 Komentar