5 Tips Aman Belanja Online untuk Keperluan Ramadhan

5-Tips-Aman-Belanja-Online-untuk-Keperluan-Ramadhan

Sejak dulu hingga saat ini ramadhan sudah dikenal sebagai bulan yang penuh berkah. Momen ramadhan banyak dimanfaatkan pedagang online untuk memberikan berbagai promo khusus belanja ramadhan. Tawarannya berbagai macam, mulai dari gratis ongkos kirim, cashback, hingga potongan harga. Ini 5 tips aman belanja online untuk keperluan ramadhan.

1. Pilih Online Shop yang Terpercaya

Anda dapat mengetahui tingkat kepercayaan penjual melalui testimoni dan review yang baik dari pembeli suatu online shop tertentu. Anda dapat memperoleh review tersebut dengan bantuan Google atau Yahoo yang biasanya merujuk pada forum-forum diskusi belanja online atau media sosial. Anda juga perlu memperhatikan alamat web toko online untuk memperkecil resiko kebocoran informasi.

2. Ketahui Kebijakan yang Diberlakukan Situs Tempat Belanja

Carilah situs belanja online yang menawarkan kebijakan garansi hingga 100% atau uang kembali. Jadi, jika barang yang Anda beli mengalami kerusakan atau tidak sesuai pesanan, akan ada jaminan pasti.

Kerapnya banyak pembeli mengabaikan kebijakan dari toko online apalagi apabila sudah membaca iming-iming diskon. Padahal ini sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang di luar dugaan.

3. Baca Deskripsi Produk yang Akan Dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, pastikan Anda membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jika ada yang kurang jelas, Anda dapat menghubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang ingin Anda beli.

Sebelum Anda melakukan transaksi, pastikan kembali barang yang Anda beli sesuai. Mulai dari warna, bentuk, hingga jumlah. Apapun jenis produk yang Anda beli usahakan untuk benar-benar mengetahui detail produk, sehingga belanja ramadhan akan menjadi semakin menyenangkan.

4. Pilih Cara Pembayaran yang Paling Aman

Pembelian secara online pada umumnya dibayar dengan kartu kredit, melalui ATM, atau melalui gerai retail modern. Pembayaran melalui kartu kredit, akan memberikan bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Tapi, untuk menghindari pencurian nomor kartu kredit Anda juga bisa menggunakan pembayaran yang lebih aman yaitu dengan menggunakan sistem seperti PayPal, transfer kirim, atau cash on delivery (COD).

5. Jangan Mudah Tergiur Produk dengan Harga Murah

Beragam tawaran promo murah bisa jadi menguntungkan juga memungkinkan kerugian. Sebaiknya, Anda jangan buru-buru tergoda pada tawaran barang dengan harga murah. Periksa detail produk terlebih dahulu. Tak jarang tawaran produk dengan harga murah datang dari e-mail.

Pelaku pengirim e-mail tawaran semacam ini yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs belanja online resmi dari perusahaan tersebut dan langsung belanja dari situs tersebut. Jangan masuk ke situs yang Anda ketahui via e-mail atau jendela pop-up.

Kebutuhan yang beragam akan memperluas varian produk yang akan dibeli sehingga memungkinkan meningkatkan pengeluaran. Bahkan kebutuhan tersier hingga kebutuhan kuarsier bisa muncul dan menjadi prioritas saat ramadhan. Situs belanja online kini menjadi jawaban kekhawatiran ibu-ibu yang tak sempat belanja secara langsung. Tapi memang harus pintar-pintar untuk mulai belanja online.

Nah, itulah 5 tips aman yang bisa Anda terapkan saat belanja online. Tak ada salahnya para ibu memanfaatkan toko online untuk moment belanja ramadhan. Bagi para ibu yang membutuhkan perlengkapan bayi dengan kualitas terbaik, segera dapatkan hanya di orami.co.id.

Posting Komentar

0 Komentar