Tips Tidur Nyaman Saat Haid

Tips-Tidur-Nyaman-Saat-Haid

Masa-masa haid membuat tidak nyaman melakukan aktivitas apapun, terutama tidur malam yang membuat kita khawatir takut tembus. Tidur juga dapat meredakan nyeri haid. Tenang, banyak cara kok untuk bikin tidur malam kita jadi tenang dan nyenyak. 

Buat Suhu Kamar Jadi Sejuk 

Pas haid, suhu badan kita akan meningkat karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Makanya, badan kita jadi gampang merasa gerah dibanding hari-hari biasa. Atur suhu ruangan kita dengan air conditioner atau kipas angin supaya jadi lebih sejuk, yaitu sekitar 18-21 derajat celsius. Pastikan juga kamu menggunakan bantal yang cukup empuk. Dijamin deh, tidur akan jadi makin nyenyak! 

Mengurangi Makanan Pedas, Berminyak, dan Berkafein 

Sesuka apapun kita sama ayam geprek, ataupun kopi kekinian, sebaiknya kurangi dulu konsumsinya saat kita sedang haid. As we know, makanan pedas dan berminyak serta minuman yang mengandung kafein tinggi akan rentan membuat perut kita penuh gas dan bikin kembung. Pastinya kondisi ini bikin badan kita jadi nggak enak, apalagi dibawa tidur malam. Nggak mau kan jadi begadang semalam suntuk hanya karena perut kembung? 

Minum Air Hangat Sebelum dan Sesudah Tidur 

Karena perutmu rentan kram dan nyeri karena haid, jangan lupa untuk minum air hangat sebelum tidur. Rasa hangat dari minuman yang kita konsumsi dapat membuat perut kita terasa lebih nyaman. Kita juga bisa mengusapkan minyak kayu putih atau menempelkan water bag yang sudah diisi air hangat untuk mengantisipasi rasa nyeri berlebih akibat datangnya kram perut. Jangan lupa, begitu bangun tidur langsung minum air putih untuk meng-hidrasi tubuh sekaligus membersihkan racun dalam tidur. 

Tidur Dengan Posisi Badan Meringkuk 

Kalau biasanya kita tidur dengan posisi badan terlentang atau tengkurap, saat haid kita bisa menggantinya dengan posisi meringkuk (fetal position), dengan menekuk kaki sedikit ke arah dada. Posisi tidur ini punya dua keuntungan buat kita yang sedang haid, yaitu sedikit meredakan kram perut yang biasa terjadi, dan juga meminimalisir darah haid ‘tembus’ ke atas kasur. 

Agar tidur lebih nyaman saat hari pertama haid dan nyeri haid muncul dapat menggunakan pad pereda nyeri karena sensasi hangatnya akan membuat nyaman. https://ifreeindonesia.com/laki-laki-apakah-kalian-tahu-bagaimana-rasanya-ketika-kram-haid/ Jangan lupa untuk para suami manjakan dan buat nyaman pasangan anda saat tidur ketika pasangan anda mengalami haid. 

Posting Komentar

0 Komentar