Cara Memperbaiki Busi Motor yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Cara-Memperbaiki-Busi-Motor-yang-Jarang-Diketahui-Banyak-Orang
Foto dari Canva Photos Unlimited

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam motor. Apabila terjadi kerusakan pada busi maka motor tidak akan menyala. Sehingga Anda sangat penting untuk memperhatikan busi tersebut tetap menyala dan berfungsi dengan baik. Selain itu Anda sebaiknya juga harus mengetahui cara memperbaiki busi motor untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan di perjalanan. Berikut cara yang bisa Anda lakukan ketika busi mengalami kerusakan dan tidak menyala: 

1. Membersihkan busi 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki busi adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan tissue atau kain yang kering. Pastikan busi bersih dari debu yang menempel pada bagian elektroda. Sehingga busi bisa hidup kembali dan bisa digunakan. 

2. Mengatur ulang posisi busi 

Cara memperbaiki busi motor yang kedua adalah dengan mengatur ulang posisi. Terkadang busi yang mati disebabkan karena kendornya posisi busi. Sehingga Anda harus mengeceknya dan mengatur ulang posisi yang pas agar busi bisa digunakan kembali pada motor. 

3. Gosok busi bagian atas menggunakan amplas 

Cara ini bertujuan untuk membersihkan bagian atas pada busi motor. Hal ini dikarenakan ada debu yang menempel pada bagian tersebut dan sulit untuk dibersihkan. Sehingga Anda bisa menggunakan Amplas untuk menggosok bagian yang terkena debu tersebut dan busi bisa dipasang lalu digunakan kembali. 

4. Membakar pada bagian elektroda 

Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki busi adalah dengan membakar bagian elektroda pada busi. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan busi yang basah karena terkena air ataupun oli. Setelah dibakar jangan langsung memasangnya kembali dalam keadaan busi yang panas. Anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu sebelum memasangnya kembali pada motor. 

Beberapa cara memperbaiki busi motor diatas bisa Anda praktekkan untuk mengantisipasi adanya kerusakan. Selain itu setelah membaca informasi tersebut Anda bisa mengetahui hal yang harus dilakukan ketika busi mati di tengah perjalanan. Mengingat Anda harus selalu siap dalam setiap kondisi untuk mengantisipasi apapun yang bersifat darurat mengenai motor. 

Posting Komentar

0 Komentar