Tips Cara Mengatasi Mata Kaki Hitam dan Kering


Tidak hanya siku, mata kaki rawan menghitam serta kering. Biasanya keadaan ini dikarenakan oleh penimbunan sel kulit mati, kering, serta desakan berlebihan pada kulit. Lalu, bagaimanakah cara menanganinya? Baca cara-cara memutihkan mata kaki yang hitam serta kering di bawah ini. 

Langkah memutihkan mata kaki yang hitam serta kering 

Mata kaki yang hitam serta kering akan kurangi keindahan kaki Anda. Serta, Anda bisa saja kurang percaya diri waktu harus memakai sandal yang menunjukkan sisi mata kaki. Tetapi, jangan cemas, ada cara-cara untuk memutihkan kembali kulit di mata kaki yang menghitam serta kering, mencakup: 

1. Kerjakan eksfoliasi 

Tiap hari sel kulit akan mati serta bertukar dengan sel baru yang sehat. Bila tidak dibikin bersih teratur, akan berlangsung penimbunan sel kulit mati. Penimbunan sel kulit mati berikut yang membuat kulit di mata kaki Anda jadi menghitam. 

Nah, satu diantara langkah untuk memutihkan mata kaki yang hitam ini ialah eksfoliasi. Cara pengelupasan kulit ini bisa mengusung sel kulit mati yang menumpuk. Anda dapat memakai scrub kaki atau sikat spesial untuk kulit. 

Scrub eksfoliasi kaki dapat Anda temukan di toko kosmetik yang memiliki kandungan seperti asam glikolat, asam laktat, atau asam alfa-hidroksi. Jauhi bahan eksfoliasi kimia yang memiliki kandungan alkohol sebab akan membuat kulit kering serta rawan mengakibatkan iritasi pada seorang dengan kulit peka. 

Tidak hanya membelinya, Anda dapat juga membuat scrub eksfoliasi dengan mencampurkan madu, air hangat, serta gula. 

Langkah gunakan scrub atau bahan eksfoliasi untuk memutihkan mata kaki yang menghitam cukup gampang. Berikan bahan eksfoliasi pada mata kaki yang hitam dengan pergerakan memutar. 

Diamkan sepanjang beberapa waktu serta gosok memakai batu apung atau sikat dengan lembut. Basuh sampai bersih serta kerjakan dengan teratur. 

2. Rendam kaki dengan garam epsom 

Tidak hanya eksfoliasi dengan scrub, langkah memutihkan mata kaki yang hitam dapat juga Anda kerjakan dengan merendam kaki pada larutan garam epsom. Garam epsom memiliki kandungan magnesium sulfat, yakni senyawa mineral yang dapat menolong mengusung sel kulit mati sekaligus juga melembapkan kulit. 

Cukup sediakan air hangat dalam baskom. Selanjutnya, imbuhkan 1/2 cangkir garam epsom serta aduk sampai rata. Rendam kaki Anda sepanjang 20 menit. Selanjutnya sikat kaki Anda dengan lembut serta basuh dengan air sampai bersih. 

3. Gunakan pelembap serta produk pencerah kulit 

Sesudah lakukan eksfoliasi atau berendam, kulit kaki Anda butuh dioles-oleskan pelembap. Janganlah lupa mengoleskannya ke sisi mata kaki. Supaya kulit masih lembap. 

Bukan sekedar setelah eksfoliasi atau berendam, semakin lebih baik bila Anda memakai pelembap sekerap mungkin. Langkah berikut cukup ampuh untuk proses memutihkan sekaligus juga melembapkan mata kaki yang hitam serta kering. 

Untuk kulit seputar mata kaki, berikan pelembap yang lebih tebal, seperti aloe vera gel. American Academy of Dermatology mereferensikan produk pencerah kulit yang memiliki kandungan bahan aktif, seperti kedelai, lignin, asam ellagic, atau vitamin B3. 

4. Jauhi beberapa kegiatan yang dapat menghitamkan mata kaki 

Tidak hanya tidak bersihkan kulit secara benar, rutinitas tersendiri dapat juga membuat kulit di seputar mata kaki jadi menghitam. Nah, agar beberapa cara memutihkan mata kaki hitam yang sedang Anda kerjakan sukses, jauhi rutinitas yang desakan terlalu berlebih pada kulit mata kaki. 

Desakan terlalu berlebih pada kaki dapat juga membuat mata kaki Anda menghitam. Contohnya, duduk dengan tempat bersila, seperti yang Anda kerjakan waktu yoga. Duduk dengan tempat semacam ini nyatanya bisa memberikan desakan yang besar pada kulit kaki, terutamanya mata kaki Anda. 

Untuk menyiasatinya, upayakanlah untuk duduk bersila cuma dikerjakan waktu yoga saja. Waktu santai, yakinkan Anda tidak duduk dengan tempat itu. Gunakan bantalan berbentuk selimut atau kain memiliki bahan lembut waktu Anda harus duduk bersila. 

Anda pun semestinya tidak gunakan sepatu yang sempit atau begitu cocok untuk memutihkan kembali kulit di mata kaki Anda. Sepatu yang ukurannya tidak cocok dapat tingkatkan gesekan pada kulit mata kaki hingga membuat rawan menghitam, serta kapalan.

Posting Komentar

0 Komentar